Metafizik

Hikmah bagi orang-orang yang senantiasa bersyukur

8:00 AM Rashidah Abd Hamid 0 Comments


HIKMAH BAGI ORANG-ORANG YANG SENANTIASA BERSYUKUR

Ketika Allah memerintahkan sesuatu kepada kita, pasti ada kebenaran yang akan diwujudkan, dan ketika Dia melarang, pasti ada keburukan yang hendak dicegah dari diri kita. Karena itu, bersyukur adalah salah satu yang diperintahkan Allah Swt. akan memberi manfaat bagi kita.

Dalam firman-Nya  surah Ibrahim ayat 7 ditegaskan,
"Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Aku akan menambah nikmat-Ku kepadamu dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, sesungguhnya azab- Ku sangat pedih."

Dalam ayat tersebut mengemukakan bahwa ada dua prinsip bersyukur :

Pertama, bukti bagi lurusnya barometer keimanan dalam jiwa manusia.

Kedua, jiwa yang bersyukur akan selalu melakukan muraaqabah (mendekatkan diri kepada Allah Swt.) dalam mendayagunakan nikmat yang diberikannya itu.

Seperti prinsip bersyukur di atas mampu memberikan empat manfaat yang penting bagi kehidupan seorang muslim, yaitu:
a. Menyucikan Jiwa - Bersyukur akan membuat seorang muslim dapat menjaga kesucian jiwanya.
b. Mendorong Jiwa untuk Beramal Soleh - Bersyukur yang harus ditunjukkan dengan amal soleh membuat seorang muslim selalu terdorong untuk memanfaatkan apa yang diperolehnya untuk berbagai kebaikan.
c. Menjadikan Orang Lain Redha - Dengan bersyukur apa yang diperolehnya akan berguna bagi orang lain dan membuat orang lain redha kepada-Nya.
d. Memperbaiki dan Memperlancar Interaksi Sosial - Hanya orang yang mahu bersyukur yang mampu melakukan upaya memperbaiki dan memperlancar hubungan jaringan sosial, karena dia tidak ingin menikmati sendiri apa yang telah diperolehnya.

Berapa ramai yang bangun pagi tadi, berkata begini
"Ya Allah Ya Tuhanku, hari ini Aku sangat bersyukur atas nikmatmu kerana masih dipinjamkan nafas untuk meneruskan kehidupan untuk memakmurkan insan."??

Berapa ramai yang masih lagi konsisten melakukan SOP 7 Getaran Kesyukuran..??

Sebab Orang Kurang Bersyukur

Syukur pada hakikatnya merupakan konsekuensi logik bagi manusia sebagai makhluk kepada Allah Swt. Sebagai Tuhan yang telah menciptakan dan melimpahkan berbagai nikmat. Namun, kerap kali manusia terlupa dan tidak bersukur atas nikmat-Nya.

Karena itu, ketidak syukuran manusia itu disebabkan oleh tiga hal.

1. Salah melakukan ukuran atau menilai
Selalu mengukur suatu nikmat dari Allah Swt. Itu dengan ukuran keinginannya. Jika keinginannya dipenuhi, ia akan mudah untuk bersyukur. Sebaliknya, jika belum dikabulkan, ia akan enggan untuk bersyukur.

2. Selalu melihat kepada orang lain yang diberikan lebih banyak nikmat
Perilaku ini hanya menyuburkan iri, hasad, dan dengki kepada orang lain. Sedangkan perilaku bagi orang yang beriman haruslah melihat kepada orang yang kurang beruntung.

3. Menganggap apa yang didapati dari nikmat Allah Swt. Adalah hasil usahanya
Perilaku ini menumbuhkan sifat kikir dan melupakan Allah Swt. Sebagai pemberi nikmat tersebut. Padahal tidak ada satu nikmat pun yang datang sendirinya, melainkan Allah Swt. yang telah mengatur semuanya.


0 comments: