Analisa karakter diri mengikut juz diri dalam al-Quran

Manfaat membaca al-Quran termasuklah amalan juz diri

9:13 PM Rashidah Abd Hamid 0 Comments


MANFAAT MEMBACA AL-QURAN TERMASUKLAH AMALAN JUZ DIRI

Bagi seorang muslim, sebenarnya al-Quran bukan hanya dijadikan saja sebagai perhiasan.
Tetapi al-Quran harus dibaca dan ditadabbur. Meskipun kita belum mampu menterjemahkannya, membaca al-Quran  saja memiliki banyak manfaatnya. Banyak dalil dalam al-Quran dan Hadis Nabi yang menganjurkan kita membaca al-Quran.

Telah diringkaskan beberapa manfaat membaca al-Quran yang barangkali menjadi bahan pengetahuan bagi seorang muslim. Beberapa manfaat yang dituliskan adalah:

1. Pertama, ayat-ayat al-Qur'an yang dibaca setiap hari akan memberikan motivasi dan penyemangat bagi si pembacanya.

2. Ketika membaca al-Qur'an, Allah akan menegur diri kita pada setiap ayat-ayat-Nya.

3. Bacaan al-Qur'an yang melibatkan emosi akan memberikan kedamaian dan ketenangan yang tidak mampu dilukiskan, seperti yang dialami dan dirasakan oleh Sayyid Quthb Rahimahullah.

4. Orang yang membaca al-Qur'an akan senantiasa ingat Allah dan kembali kepada-Nya.

5. Orang yang membaca al-Qur'an akan selalu berada dalam kecukupan dan nikmat Allah meski ia merasakan serba kurang di dunia.

6. Ayat-ayat Allah akan menjadi penjaganya selama ia hidup di dunia, karena ia telah menjaga ayat-ayat-Nya.

7. Orang yang faham al-Qur'an adalah orang yang memiliki banyak ilmu.

8. Orang yang membaca al-Qur'an bagaikan orang yang sedang menyelami samudera kehidupan, dan mengambil manfaat darinya.

9. Orang yang selalu akrab dengan ayat-ayat akan diberikan jiwa yang sejuk, hati yang damai dan pikiran yang jernih, sehingga membuatnya ingin selalu beramal, kreatif, inovatif dan produktif.

10. Orang yang membaca al-Qur'an akan selalu berada dalam kegembiraan dan penuh harapan, di saat orang lain merasakan kesedihan, kecemasan dan rasa pesimis. Karena diri mereka selalu disirami ayat-ayat-Nya yang lembut.

11. Orang yang rajin membaca al-Qur'an akan selalu diberikan jalan kemudahan dan petunjuk sehingga tidak mudah untuk menyimpang dan menyerah karena ayat-ayat Allah akan selalu mengingatkan dirinya ketika dirinya ‘tersandung dosa dan maksiat.'

12. Orang yang membaca dan menjaga al-Qur'an selalu berada dalam lindungan dan penjagaan Allah.

Kerana manfaat seperti itulah, maka sebaiknya sebagai orang muslim selalu menempatkan diri untuk membaca ayat suci al-Quran. Paling kurang satu hari (malam) mampu membacanya sampai satu Juz.  Bagi yang pertama mencubanya memang terasa susah. Tetapi pertama cubalah barang lima ayat dulu, yang kemudian ditingkat terus sampai mencapai 1 juz satu malam.Mungkin dengan cara tilawah terlalu lama, maka bacalah dengan cara tartil (perlahan-lahan dan tidak tergesa-gesa), In Sya Allah akan terasa begitu cepat. Mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments: