Analisa karakter diri mengikut juz diri dalam al-Quran

Al-Quran dan karakter manusia berdasarkan angka kelahiran

1:55 AM Rashidah Abd Hamid 0 Comments


AL QUR’AN DAN KARAKTER MANUSIA BERDASARKAN ANGKA KELAHIRAN

LANDASAN PEMIKIRAN :

1. Allah Swt telah menegaskan bahwa Al Qur’an tidak lain adalah petunjuk bagi umat manusia. Di dalamnya terdapat pesan-pesan moral, ajaran kebijaksanaan, keimanan, hukum-hukum dan sejarah, ancaman siksa pahala, khabar hari kiamat dan sebagainya. Sebagai kitab petunjuk tentu manusia harus berusaha menggali dan mempelajarinya dengan sebaik mungkin agar keberadaan Al Qur’an benar-benar memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia.

2. Selain petunjuk, Islah Gusmian menyebutkan bahawa Al Qur’an merupakan cahaya jiwa bagi manusia. Sebagai cahaya jiwa tentu saja manusia harus dapat memanfaatkannya demi menerangi jalan hidupnya yang diliputi dengan kegelapan dan kebodohan. Hidup manusia tanpa bimbingan wahyu dan akal sihat hanya akan diliputi oleh kegelapan semata. Oleh karena itu Allah Swt menurunkan Al Qur’an agar dengannya manusia mendapatkan petunjuk ke jalan yang terang.

AL QUR'AN DAN ANGKA KELAHIRAN

Pemaparan tentang karakter manusia dilihat dari angka tanggal lahir serta padanan dengan juz dan nama surat  hanyalah bersifat serba kemungkinan. Namun pembacaan atas karakter-karakter berdasarkan juz dan nama surat tersebut didasrkan pada beberapa hal :

1. Karakter-karakter tersebut didasarkan pada pembacaan terhadap karakter umum dari kandungan surah dalam tiap-tiap juz. Setiap surah dalam setiap juz mengandung makna dan pengertian dengan karakteristik yang berbeda-beda baik dari segi cakupan, objek maupun sasarannya. Dengan membaca karakter –karakter surat dalam tiap juz itulah kemudian disusun padanan kemungkinannya dengan karakter manusia.

2. Berdasarkan pertimbangan pertama tadi maka sesungguhnya setiap orang mampu melakukan pembacaan yang berbeda terhadap karakter surat dalam tiap-tiap juz tersebut sehingga sangat mungkin hasil yang diperoleh tidaklah sama dengan apa yang dipaparkan disini

3. semua pemaparan ini masih bersifat relatif dan sangat mungkin disempurnakan dengan penelitian lanjutan yang lebih tepat.

0 comments: