Analisa karakter diri mengikut juz diri dalam al-Quran

Analisa karakter dan potensi diri juzuk 1

9:19 AM Rashidah Abd Hamid 0 Comments


ANALISIS KARAKTER DAN POTENSI DIRI JUZUK 1

Juz' 1 – 1.Al-Fatihah 1. – 2.Al-Baqarah 141
Pattern ingin dilayani dan melayani

Juz ini terdiri atas dua surat, yaitu surat pertama (al-Fatihah) sebanyak 7 ayat, dan surat ke-2 (al-Baqarah) sebanyak 141 ayat (ayat 1 hingga ayat 141). 

Juz ini berisi 148 ayat. Berbeda dengan juz-juz lainnya yang berisi 16 halaman, juz ini hanya berisi 15 halaman sahaja. 

Berikut ini daftar nama surat pada juz 1

1.      1        Al-Fatihah     (7)         1 – 112     Pembuka

2.      2        Al-Baqarah   (141)     1 – 141     Sapi Betina
      Jumlah ayat     (148)

Secara umumnya, orang yang mempunyai Juz 1 ini mempunyai ciri-ciri khas dan karakter dasar yang menonjol pada visinya yang jauh, kuat bekerja dan bahkan mungkin mampu bekerja di bawah tekanan. Selain daripada itu, ia sangat pandai bersosialisasi serta menyukai eksplorasi atau segala bentuk inovasi teknologi yang terbaru. Biasanya kecenderungan kepada bidang ilmu dan pengetahuan begitu tinggi.

Potensi dasar seseorang yang mempunyai Juz 1 lainnya iaitu ia bertipikal penakluk, ertinya jika ia menginginkan ilmu atau sesuatu hobi maka ia akan kejar ilmu atau hobi yang diminati sampai ia menaklukkannya.

Jadi, positif atau negatifnya adalah tergantung dengan apa yang diminatinya. Jika hobinya positif maka tentu sahaja positif hasilnya dan begitulah jika berlaku sebaliknya.  Untuk itulah ibu bapa yang memiliki anak  Juz 1 maka ia harus menjaga minat dan hobi anaknya. Jangan dibunuh potensi anak mereka. Tumbuhilah mereka sejak kecil kepada minat, hobi atau pengetahuan yang sangat diperlukan bagi kehidupannya.

Karakter seorang Juz 1, apabila seseorang Juz 1 berada di depan, misalnya menjadi seorang pemimpin ia cenderung bersikap egois, dan sangat autoriti orangnya, ia sangat berkeyakinan tinggi dan tidak memerlukan bantuan orang lain. Segala Keinginannya harus terpenuhi. Sebab ia merasa yang paling benar oleh kerananya harus di ikuti. Tetapi bila ia berada di belakang, ia sama sekali tidak memiliki pilihan, dia dapat dengan mudah menurut dan ikut pada siapa pun.

Secara matematiknya mereka yang berjuz 1 berpotensi besar untuk menjadi seorang yang sukses. Perhatikanlah berbagai potensi dasar yang dimilikinya, sangat mendukung dan melancarkan progres kearah itu. Bukankah ciri-ciri seseorang yang ingin sukses harus bervisi kedepan, memiliki kemampuan untuk bekerja keras, pandai berinteraksi untuk menjaring networking atau hubungan, menyukai sesuatu yang baru serta memiliki semangat penaklukan. Bersyukurlah jika anda anak putra/i anda berjuz 1, karena modal awal untuk maju dan sukses telah anda atau anak anda miliki.

Kelemahan yang paling utama dari orang yang berjuz 1 adalah mereka mudah bosan, jika kebuntuan menghadang mereka mudah menyerah, mudah terjebak pada ketinggian hati serta sangat ambisi. Jelas, jika potensi dasar tersebut tidak terkendali atau tidak sejak awal dikendalikan dengan baik maka akan mengganggu perjalanannya untuk menuju kesuksesan dan kebahagiaan.

0 comments: