Info Umrah Tanah Suci

Makam Nabi S.A.W

8:35 AM Rashidah Abd Hamid 0 Comments


Dalam hadits Ibnu Umar disebutkan:

من حج فزار قبري بعد وفاتي فكأنما زارني في حياتي

“Barang siapa yang menziarahi kuburku setelah wafatku maka seakan-akan menziarahiku saat aku masih hidup”

Rasulullah SAW bersabda:
“Barang siapa yang berziarah ke kuburku maka wajib baginya mendapat syafaatku”. (HR ad Daruquthni, dan dianggap kuat oleh al al Hafidz Abdul Haq al Isybili dan al Hafidz Taqiyuddin as Subki dan al Hafidz as Suyuthi dan lainnya)

Rasulullah SAW juga menjelaskan dalam lain yang artinya: “Barang siapa yang datang kepadaku untuk menziarahiku, tidak ada keperluan lain kecuali hanya menziarahiku maka aku pasti akan menjadi pensyafaat bagi dia pada hari kiamat. (Diriwayatkan oleh at Thabarani dan dishahihkan oleh al Hafidz Said ibn As Sakan).

Allah juga menjanjikan ampunan bagi mereka yang datang dengan niat berziarah ke makam Rasulullah. Melalui doa yang dipanjatkan, ternyata Rasulullah SAW juga akan memohon ampun atas diri penziarah kepada Allah. Seperti yang dijelaskan dalan Q.S An Nisa:64 yang bermaksud:

“Jikalau mereka ketika menganiaya dirinya datang kepadamu, lalu memohon ampun kepada Allah, dan rasul pun memohonkan ampun untuk mereka, tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang”. (Q.S an Nisa’:64)

Semoga sebelum jiwa terlepas dari raga, kita hendaklah menanamkan niat untuk mengunjungi makam Rasulullah SAW. Niatkan untuk melihat makam manusia paling mulia di alam semesta ini, agar kelak di hari kiamat kita dapa berkumpul dengan beliau.


0 comments: